Tuesday, November 26, 2013

Ketahui Penyebab Rasa Mual Saat Menggosok Gigi Serta Cara Mengatasinya

Penyebab Rasa Mual (Ingin Muntah) Ketika Menggosok Gigi - Saat menggosok gigi terasa mual (ingin muntah), apalagi saat membersihkan bagian lidah dengan sikat gigi. Jangan takut, bukan Anda sendiri kok yang mengalami hal tersebut.
Penyebab Rasa Mual (Ingin Muntah) Ketika Menggosok Gigi
Dengan menulis artikel tentang Penyebab Rasa Mual Saat Menggosok Gigi ini, OhAlami bermaksud berbagi pengetahuan kepada sobat kenapa rasa mual itu muncul ketika kita menggosok gigi. Hal ini memang sering saya alami, apalagi ketika menggosok gigi pada pagi hari tiba-tiba saja saya merasakan dorongan untuk muntah tersebut. Nah, apa ya kira-kira penyebabnya? Berikut infonya :

Penyebab Rasa Mual Saat Menggosok Gigi
Sebenarnya ada beberapa hal yang bisa menyababkan rasa mual tersebut, namun tidak semua orang merasakan dorongan ingin muntah ketika menggosok gigi serta jarang juga ada yang merasa mual hingga benar-benar muntah. Adapun hal yang bisa menjadi pemicu rasa ingin muntah ketika menggosok gigi adalah seperti berikut ini :

1. Tenggorokan Yang Sensitif
Bisa saja rasa mual tersebut karena Anda memiliki tenggorokan yang sensitif. Bagian belakang tenggorokan mengalami kontraksi yang menghentikan obyek memasuki tenggorokan, kecuali saat Anda ingin menelan secara normal.
2. Menggosok Gigi Terlalu Kuat
Saat menggosok gigi mungkin Anda melakukanya terlalu kuat/kencang. Hal tersebut dapat menekan bagian dalam tenggorokan.
3. Gejala Penyakit Maag
Ada yang mengatakan bahwa mual saat menggosok gigi juga disebabkan oleh naiknya asam lambung (maag). Coba Anda perhatikan, apakah di antara busa pasta gigi Anda terdapat cairan kental berwarna bening kekuningan? Jika ada segeralah atasi penyakit tersebut agar Anda bisa bebas dari rasa mual tersebut. Caranya...
4. Faktor Psikologis
Mungkin sebelumnya Anda telah mengalami hal serupa saat menggosok gigi terlalu kencang, dan bisa saja ingatan tentang kejadian tak sengaja itu rupanya membekas, sehingga Anda selalu merasa khawatir akan muntah saat menggosok gigi. Pikiran negatif juga bisa menyebabkan kejadian yang negatif.
5. Sedang Hamil
Yang terakhir ini mungkin saja bisa jadi pemicu rasa mual/ingin muntah ketika Anda menggosok gigi. Karena, rasa mual merupakan bagian dari morning sickness yang Anda alami.
Itulah beberpa hal yang bisa menjadi pemicu rasa ingin muntah ketika kita menggosok gigi, lalu bagaimana cara mengatasi hal tersebut? Apa tidak bisa diatasi? Tenang sob, ada masalah ada juga solusinya kan. Berikut ini ada beberapa tips mengatasi rasa mual saat menggosok gigi.

Cara Mengatasi Rasa Mual Ketika Menggosok Gigi
1. Hindari Membuka Mulut Terlalu Lebar/Kaku
Saat Menggosok gigi lemaskan otot-otot mulut dan tenggorokan Anda. Bila memungkinkan, gosoklah gigi Anda perlahan-lahan tanpa membuka mulut terlalu lebar. Jika asam lambung naik, buang dulu busa pasta gigi Anda.
2. Hindari Memasukkan Sikat Gigi Terlalu Dalam
Kenapa? seperti beberapa penjelasan di atas tadi, jika kita memasukkan sikat gigi terlalu dalam, dan menyikat dengan kuat akan memicu rasa mual karena tanpa sengaja tangan Anda bisa menyodok terlalu keras.
3. Ganti Sikat Gigi Anda
Cobalah ganti sikat gigi dengan bulu yang lebih lembut, atau ganti pasta gigi dengan rasa yang tidak terlalu pedas. Anda bisa memilih pasta gigi yang rasanya Anda sukai.
Nah, selain melakukan hal tersebut ada banyak hal lain yang perlu kita perhatikan seperti kebersihan sikat gigi Anda. Sedikit tips jika menggosok gigi saat pagi hari, cobalah minum air hangat saat bangun tidur, lalu berkumur dengan air hangat saat menggosok gigi.

Demikianlah sekilas Informasi Kesehatan pada kesempatan kali ini tentang Penyebab Rasa Mual Saat Menggosok Gigi Serta Cara Mengatasinya. Baca juga artikel sebelumnya tentang Mengenal Manfaat Atau Khasiat Dari Daun Sambung Nyawa Bagi Kesehatan. Semoga tulisan ini bisa membantu serta bermanfaat buat semua...
 
© Copyright 2016 Obat Herbal Alami | Powered by Blogger.com.
DMCA.com